PERSEPSI KARYA VISUAL DARI MEREK ROKO A MILD

KARYA VISUAL DARI MEREK ROKO A MILD


sumber : https//google.com/

Hallo Perkenalkan nama saya Erda Maulana, disini saya mencoba memberikan pengalaman pribadi saya dalam memperhatikan bagaimana bahasa visual diterapkan pada media promosi untuk menarik perhatian khalayak, menurut saya pribadi bahasa visual sangatlah penting pada setiap karya seni diberbagai bentuk, komersial maupun non komersial seperti seni murni, karena bahasa visual menciptkan citra sebuah rasa atau ekspresi terhadap karya yang dilihat dengan begitu visual menjadi lebih berbobot dan memiliki nilai disetiap penciptaannya, berikut adalah salah satu contoh karya visual saya sering temukan dijalan ialah karya visual dari produk rokok dengan merek sampoena a mild didalam billboard, pada karya ini mereka memberikan berbagai perpaduan elemen yang memberikan kesan dan pesan yang menciptakan sebuah persepsi.


Pada karya ini saya mempresepsikan bahwa iklan ini bertujuan memberikan pesan edukasi dan sarkas terhadap yang dituju, yang dimana pada karya visual  ini mencoba memberikan singgungan terhadap orang-orang yang selalu memposting hal-hal yang menurut mereka menguntungkan bagi dirinya untuk sekedar konten instastory atau status di media sosial, padahal sebaliknya hal ini merugikan bagi mereka yang terkena dampaknya contohnya seperti gambar diatas yang menampilkan visual dari aktivitas seseorang sedang memfoto seseorang yang tidak tahu sedang difoto untuk dijadikan konten, hal itu menjadikan orang yang difoto menjadi korban atas kesalahgunaan orang yang mementingkan kepuasan sendiri dan menciptakan sebuah ketidakpastian terhadap berita yang diberikan terhadap orang lain. dan pada persepsi ini diperjelas lagi dengan tulisan “hidup lo adalah konten gue” ini menjadi sebuah kata tegasan untuk pesan yang diberikan.


Namun jika kita tarik dari kedua arah persepsi baik dan buruk, hal ini juga bisa menjadi hal yang positif dengan menciptakan sebuah kebenaran dari konten yang diupload atau dipublikasikan atau mengangkat kreativitas seseorang, dan bahkan menjadikan seseorang viral dan terkenal, pada iklan ini biasa dipasang di area strategis kemacetan agar mendapatkan perhatian banyak  khalayak tentang promosi yang diberikan sehingga menciptakan persepsi berbagai khalayak dalam memaknai iklan yang dipromosikan, persepsi itu melahirkan berbagai sudut pandang yang berbeda. menurut Robert A. Baron, 1991 proses internal yang memungkinkan kita memilih dan menafsirkan atau menerjemahkan rangsangan dari sebuah lingkungan dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita, dengan begitu visual iklan menciptakan persepsi kita dan mempengaruhi perilaku kehidupan kita.


Pada iklan rokok a mild, desain poster billboard tersebut memberikan sentuhan whitespece area pada area cetak billboard agar terkesan tidak padat dan sempit untuk dipandang, dengan adanya whitespace khalayak dapat menikmati dan juga mudah memahami pesan yang disampaikan dari karya seni visual tersebut lalu, pemilihan font yang jelas dan tata letak penulis juga berperan penting dalam terelasasinya persepsi bahasa visual pada karya yang dibuat dan yang paling terpenting adalah permainan warna pada desain yang menerapkan perpaduan warna dengan gaya simple modern yang banyak mendominasi warna putih dan hitam.


Pada karya poster billbord rokok A mild tersebut produk roko a mild memberikan inti dari promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan merek roko a mild sebagai roko yang memiliki kesan keren, inovatif, gaul dan berkesan modern jika menggunakan roko a mild, dan menciptakan personal branding kepada masyarakat luas terhadap produk rokok yang ia punya, begitulah persepsi dari pandangan saya terhadap bahasa visual yang diterapkan dalam seni visual billboard dalam pengalaman peribadi saya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis simiotika pada karya seni Radan saleh

PERSEPSI SOSIAL " LOGO AWS GLASS "